top of page

5 Aktivitas Kegiatan Manajemen Gudang Yang Penting

Pelaksanaan warehouse atau yang sering atau lebih dikenal dengan sebutan manajemen gudang ini merupakan salah satu dari sekian banyak elemen yang terdapat dalam suatu bisnis yang perlu di perhatikan.

Secara rincian sistem, manajemen gudang atau manajemen warehouse ini diartikan sebagai pengelolaan dar aktifitas yang saling berhubungan untuk melakukan penyimanan barang sementara.

Perlu diketahui bahwa kegiatan manajemen warehouse ini terdiri dari beberapa aktivitas sederhana yang terbagi menjadi beberapa kegiatan lain seperti :

  1. Kegiatan Administrasi

Kegiatan pengeluaran dan pemasukan dana yang ada dalam perusahaan diatur seluruhnya dalam aktivitas administrasi. Semua kegiatan pendanaan seluruhnya dilakukan dalam administrasi agar tercatat dan dapat memudahkan pengembangan produk perusahaan.

  1. Penerimaan barang

Aktivitas penerimaan barang diatur sepenuhnya agar dapat memetakan besaran dana dengan produk yang di terima oleh perusahaan.

  1. Penyimpanan barang

Barang yang telah masuk di usahakan tersimpan dengan baik dan aman dari bahaya apapun sehingga dapat tertata dengan baik tanpa merusak barang tersebut.

  1. Pengepakkan barang ke tempat yang dituju

Pengepakkan barang ini dilakukan untuk memastikan barang yang akan dikirim kepada para konsumen dalam keadaan baik. Pengepakkan barang ini juga di atur oleh manajemen warehouse

  1. Pengeluaran Barang

Semua barang yang keluar dari perusahaan akan di catat agar tercipta suasana produksi yang tertib dan juga efiien.

Namun sebuah sistem manajemen yang baik tidak hanya membahas jumlah stock atau persediaan atau budgeting barang melainkan juga mampu memastikan bahwa produk atau barang yang tersimpan di dalam gudang dapat sampai ke tangan konsumen dengan baik.

Berikut merupakan cara – cara efektif dalam membangun sebuah sistem manajemen gudang yang baik.

  1. Persiapkan data seakurat mungkin.

  2. Membuat forecast persediaan

  3. Membuat jadwal persediaan

  4. Lakukan budgeting persediaan

  5. Kenali karakter persediaan

  6. Atur tata letak persediaan

  7. Atur sistem otorisasi

  8. Atur sistem pendataan


Featured Posts
Recent Posts
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Clean
  • Twitter Clean
  • Instagram Clean
  • White YouTube Icon
  • RSS Clean
bottom of page