top of page

Mari Kita Mengenal Lebih Dalam Tentang Sejarah Akuntansi

Pada dasarnya akuntansi adalah sebuah ilmu manajemen yang berfungsi untuk menkomunikasikan posisi keuangan sebuah perusahaan kepada pihak yang membutuhkannya. Sekarang akuntansi masa kini telah berkembang menjadi suatu aspek penting dalam bisnis dan keuangan global.

Sejarah akuntansi dan akuntan telah memperlihatkan kepada kita perubahan yang terus menerus terjadi secara konsisten.

sejarah akuntansi

Pada suatu waktu, akuntansi lebih dikenal sebagai sistem pencatatan bagi jasa-jasa perbankan tertentu dan juga untuk rencana pengumpulan pajak. Namun kemudian muncul pembukuan double entry yang berguna untuk memenuhi kebutuhan usaha perdagangan.

Untuk lebih mengenal akuntansi lebih dalam lagi, mengapa kita tidak mencoba untuk menelusuri sejarah perkembangan akuntansi hingga saat ini?

Perkembangan Akuntansi

Tahun 1775 : Pada tahun ini telah mulai memperkenalkan pembukuan baik yang single entry maupun double entry

Tahun 1800 : Masyarakat mulai menjadikan neraca sebagai sebuah laporan utama yang digunakan dalam sebuah perusahaan

Tahun 1825 : Pada tahun ini mulai dikenalkan dengan yang namanya pemeriksaan keuangan atau biasa juga disebut dengan financial auditing

Tahun 1850 : Disini laporan laba/rugi mulai menggantikan posisi neraca sebagai laporan yang dianggap penting untuk perusahaan

Tahun 1900 : Di USA mulai memperkenalkan sertifikasi profesi dengan melakukan ujian yang dilaksanakan secara nasional

Tahun 1925 : Disini mulai memperkenalkan berbagai teknik akuntansi seperti analisis biaya, akuntansi perpajakan, akuntansi pemerintahan dan lain sebagainya.

Tahun 1950 : Akuntansi disini sudah mulai menggunakan komputer untuk melakukan pengolahan data yang kemudian akan tercipta sebuah software yang dikenal dengan nama software akuntansi

Itulah perkembangan akuntansi yang terjadi di masa lalu. Namun kemudian akuntansi semakin berkembangan sehingga akuntansi kini bukan hanya sekedar pengolahan data keuangan mata semata namun sudah mulai masuk ke berbagai aspek.


Featured Posts
Recent Posts
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Clean
  • Twitter Clean
  • Instagram Clean
  • White YouTube Icon
  • RSS Clean
bottom of page